Ketika Presiden Melawan Pungli

Pungli atau pungutan liar adalah pungutan yang diambil secara liar biasanya tidak disertai dengan bukti pembayaran atau kwitansi. Besarnya Pungli merata, ada yang puluhan ribu sampai ratusan ribu. Pungli biasanya dilakukan oleh oknum yang memiliki kewenangan untuk megurus suatu kebijakan atau perijinan. Dan kali ini sedang ramai ramainya informasi tentang tertangkap tangannya oknum pejabat yang melakukan pungli.

Pungli harus dilawan bersama, sebelum prsiden kita Bpk Jokowi menunjukkan semangatnya melawan pungli dengan memberikan suport mental terhadap penegak hukum yang melakukan operasi tangkap tangan pejabat yang melakukan pungli, bapak mantan presiden SBY juga memiliki keseriusan dalam hal memberantas pungli, setidaknya terbaca di berita yang ada di KEMENPERIN dot Go dot Id, pada berita yang ini, disampaikan bawha Bapak Mantan Presiden SBY pernah menyampaikan himbauan kepada para pengusaha yang di tekan untuk membayar pungutan liar berani melawan dengan cara melaporkannya kepada pihak yang terkait atau langsung kepada beliau. Bahkan beliau mengatakan seperti yang dilansir pada berita tersebut adalah bahwa perusahaan yang merasa di pungli bisa melaporkan langsung ke 9949 ke kantornya 24 jam, namun sekarang saya tidak tahu apakah nomer itu masih dipakai sampai sekarang atau tidak.


Dan  sekarang semangat pengganti beliau, bapak presiden Jokowi juga memiliki semangat yang sama dengan perlawanan terhadap pungli. Ketika Bapak Jokowi meninjau ke lokasi tangkap tangan pungli yang di lakukan oknum pejabat di salah satu kementrian beberapa waktu lalu, saya berpikir, kenapa Bapak presiden langsung turun ke lapangan langsung, dan ternyata memang melawan pungli adalah sebuah pekrjaan yang membutuhkan kekuatan moral yang besar, ini di buktikan dengan setelah bapak presiden meninjau langsung ke lokasi kejadian, maka berita berita tentang pungli pungli yang lain menjadi buah bibir. Gerakan melawan pungli harus di lakukan oleh semua pihak yang terkait, dan bapak Jokowi dengan minjau langsung ke Te Ka Pe adalah sebagai suntikan dukungan yang kuat dari Prsiden untuk mendukung aparat yang berwenang untuk melawan pungli.

Pungli di dunia usaha bisa mengganggu kemampuan peningkatan upah buruh. Sehingga dengan memberantas pungli diharapkan bisa mengurangi ekonomi berbiaya tinggi yang disebabkan oleh pungli. 

Sebagai masyarakat, kita bisa membantu gerakan melawan pungli dengan tidak memberikan pungli ketika ada opsi boleh tidak memberikan. Namun ketika opsi boleh tidak memberikan itu tidak ada dan kita dipaksa memberikan pungli, maka mau tidak mau kita harus memberikan untuk menyelesaikan urusan kita, lalu kita cari informasi bagaimana cara untuk melaporkan pungli, dan kita bisa melaporkannya karena sekarang sudah ada tim OPP (Operasi Pemberantasan Pungli) .

Comments

Popular posts from this blog

Pilih mana Arisan Atau Menabung

6 Cara Menghemat Listrik Dirumah Dan Manfaatnya

Keyword Abadi Membuat Blog Ramai Pengunjung Terus, Terus dan Terus