Cara Memijahkan Ikan Koki Di Akuarium

Ikan koki adalah ikan hias yang banyak peminatnya, Kali ini saya mau cerita pengalaman memijahkan ikan koki di akuarium. Saya suka ikan, dan mencoba untuk mengeembangbiakan, akhirnya saya mencari referensi tentang cara mengawinkan ikan mas koki. Akhirnya saya tahu bahwa ikan koki yang siap di pijahkan adalah ikan seukuran cuku besar, mungkin seukuran telur. Untuk indukan yang bagus adalah indukan dengan warna polos dan sirip yang panjang. Sedangkan tanda ikan koki siap bertelur adalah jika sudah mulai sundul sundulan, si jantan mengejar ngejar si betina sambil menggesekkan tubuhnya.

Akhirnya, saya terus memantau perkembangan ikan koki saya di akuarium, suatu sore saya melihat ikan koki jantan saya mengejar ngejar si betina dan menyodok nyodok perut betina dengan mulutnya, saya berpikir bahwa munkin ini adalah waktunya untuk pemijahan. Akhirnya saya tunggui dan melihat aktifitas ikan koki saya yang akan bertelur tersebut. Kenapa di tungguin, karena jika si betina mulai bertelur dan dibuahi sijantan, maka telur telur itu akan segera dimakan oleh sijantan. 

Dengan semangat 45 saya tetap berada di depan akuarium, ketika telur mulai berjatuhan, saya biarkan meskipun ada beberapa telur yang dimakan si jantan, dan ternyata ikan koki bisa dipijahkan di dalam akuarium. Setelah cukup banyak telur ikan koki yang berserakan di dasar akuarium, saya segera mengambil indukan ikan koki dan saya letakan di tempat yang lain, sementara akuarium saya isinya hanya telur telur ikan koki yang berserakan di dasar akuarium.

Setelah lewat beberapa hari, di dalam akuarium saya mulai terlihat banyak larva ikan koki yang bergerak, tidak menyangka saya bisa memijahkan ikan koki didalam akuarium, dan dengan berjalannya waktu, mulailah terbentuk tubuh ikan kecil, saya memberi makan dengan kuning telur yang direbus yang saya hancurkan didalam kain, lalu kain itu saya masukkan ke dalam akuarium. Sehingga beberapa koki keci mulai kelihatan berenang renang. Sementara aerator tetap dinyalakan.

Dari ratusan larva yang berhasil menjadi ikan koki kecil kalau tidak salah waktu itu cuma 18, namun karena kurang telatennya saya akhirnya semuanya mati. namun pengalaman saya memijahkan ikan koki di akuarium bisa saya ulangi suatu waktu ketika saya sudah lebih siap lagi, buat yang ingin membudidayakan ikan koki di akuarium, silahkan bisa mencobanya di rumah anda untuk memijahkan ikan mas koki anda. Terima kasih

0 comments:

Post a Comment