Berusahalah Keras Dengan Sabar Jangan Lupa Berdoa

Berusahalah Keras Dengan Sabar, Jangan Lupa Untuk Berdoa agar apa yang kita usahakan bisa terwujud dan ketika belum juga tercapai apa yang diinginkan, yakinlah bahwa mungkin itu adalah yang terbaik untuk kita. 

Sesuatu yang kita inginkan, perlu kita usahakan agar bisa mendapatkannya, dan dari usaha tersebut maka kita bisa mendapatkannya atau kita gagal untuk mendapatkannya. Usaha bisa dibedakan menjadi usaha cerdas, usaha keras, usaha keras dan cerdas. Untuk berusaha kita memiliki modal berupa akal dan pikiran untuk menyelesaikan masalah, dan hati nurani untuk pertimbangan baik buruk usaha kita. 

Dalam berusaha kita juga harus tidak boleh keluar dari apa yang sudah diajarkan oelh agama, ketika kita membutuhkan uang, maka kita tidak boleh melakukan usaha dengan cara merampok, mencuri dan sebagainya. Akal atau pikiran yang mencari jalan keluar bagaimana cara kita untuk mendapatkan solusi, hati nurani yang menimbang baik dan benar solusi yang ditawarkan oleh akal atau pikiran. Menjadi manusia seutuhnya, tentu saja ini berarti manusia yang baik secara akal pikiran dan baik pula hati nuraninya.

Meskipun kita sudah berusaha, jangan lupa untuk berdoa, karena kita menyadari bahwa manusia berencana, dan Dia yang Maha Berkehendak. Dia Yang Maha Tahu, sementara manusia tahunya hanya ingin, ingin, dan ingin, tanpa tahu dengan yakin apakah yang diinginkan itu adalah baik untuk dirinya atau tidak.

Saya pernah mendengar bagaimana seorang guru mengajarkan doa kepada muridnya tentang doa untuk keinginannya, "Ya Allah, jika yang saya inginkan ini baik untuk saya ya Allah, semoga engkau kabulkan, namun jika tidak, semoga tidak engkau kabulkan Ya Allah" Dan pada kenyataannya tidak semua dari kita termasuk saya berani berdoa seperti itu.

No comments:

Post a Comment