7 Cara Merawat Rumah Agar Tetap Nyaman

https://pixabay.com/en/house-insurance-protect-home-care-419058/
Merawat rumah adalah sebuah bentuk ungkapan rasa sukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Mungkin kita masih ingat bagaimana senangnya kita saat pertama kali kita bisa membeli rumah yang kita tempati sekarang, saat malam pertama tinggal dirumah kita sendiri, namun biasanya semakin lama, kita semakin terbiasa dengan rumah kita, dan lama lama rasa senang bisa tinggal dirumah kita sendiri mulai terkikis karena sudah dianggap sebuah hal yang biasa. Yang dulu kita rajin membersihkan dan merawat rumah kita, lama lama kita menjadi malas ataupun tidak mau meluangkan waktu hanya sekedar untuk merawat rumah kita. Padahal rumah kita mungkin adalah sesuatu yang diperjuangkan dengan sungguh sungguh untuk membelinya. Nah melalui tulisan cara merawat rumah agar tetap nyaman ini, saya kembali mengajak untuk bersukur atas rumah yang kita tinggali selama ini.

Adapun rumah perlu dirawat, sesibuk apapun kita, kita sebaiknya meluangkan waktu untuk merawat rumah kita agar tetap nyaman untuk ditinggali. Beberapa cara merawat rumah dibawah ini mungkin bisa kita lakukan untuk merawat rumah kita :

1. Merawat rumah dari bahaya rayap, jika rumah kita berada di tanah yang berayap, maka kita harus rajin sekali untuk merawat rumah kita, kita harus rajin rajin memeriksa setiap jengkal rumah kita jika kita tidak mau tiba tiba pintu rumah kita atau kusen jendela kita sudah lapuk termakan oleh rayap. Atau lebih parah lagi kalau ternyata kayu kayu di atap kita sudah terkontaminasi oleh rayap, oleh karena itu sebelum terlambat rajin rajinlah merawat rumah kita untuk kenyamanan kita.

https://pixabay.com/en/paint-color-brush-painter-bucket-117599/2. Mengecat ulang rumah untuk merawat rumah kita, Mengecat ulang rumah juga termasuk merawat dinding rumah kita agar lebih awet, jika kita menggunakan gavalum, maka mengecet ulang besi penyangga atau besi besi di pagar rumah akan membantu membuat besi terhindar dari karatan. Luangkan waktu untuk merawat rumah kita agar tetap nyaman untuk kita tinggali.
3. Mencabut rumput yang tumbuh disekitar rumah, rumpput yang tumbuh subur disekitar rumah kita, jika kelewat dari pantauan kita, maka rumput tersebut akan menjadi rimbun dan lebat, dikhawatirkan nanti akan menjadi sarang binatang berbahaya seperti ular, atau bisa menjadi sarang nyamuk dan serangga yang lainnya. jadi jika ada rumput yang tumbuh baik di halaman rumah maupun disekitar rumah, jangan lupa untuk dibersihkan.

4. Membersihkan jendela rumah, merawat jendela rumah agar tetap bersih sering kelewat dilakukan, tentu saja tidak hanya kacanya saja, namun sekalian dengan kusen kusennya, jika sempat cat ulang lah kusen jendela dengan warna yang kita senangi, sehingga akan meningkatkan tingkat kenyamanan rumah ketika di huni.
 
https://pixabay.com/en/ceiling-construction-wood-blanket-1529159/5. Membersihkan atap rumah dari sawang, sawang yang ada diatap rumah atau langit langit rumah juga sering kelewat untuk dibersihkan, belilah alat untuk membersihkan sawang di langit langit rumah

6. Memeriksa atap rumah, genting harus diperiksa apakah ada yang melorot atau pecah, takutnya ketika nanti hari hujan tiba tiba ada air yang bocor dari atap rumah, lebih lebih kalau yang bocor diatas televisi atau alat elektronik lainnya atau diatas dokumen dokumen penting akan sangat merugikan.

7. Memeriksa sambungan antara rumah jika di perumahan, jika tinggal di perumahan dengan rumah yang saling bersambungan, maka kita harus mengecek sambungan antara rumah yang satu dengan rumah yang lain, biasanya disitu menjadi sumber rembesan air ketika hujan turun, beberapa teknik di perlukan untuk mengatasi rembesan air di tembok tersebut, meskipun hanya rembesan, ini tetap membuat rumah kurang nyaman unutk di tinggali.

Demikian tadi beberapa cara untuk merawat rumah kita agar tetap nyaman unutk di tinggali. Semoga membantu, marilah kita sesibuk apapun kita tetep meluangkan waktu untuk kita.
merawat dan membersihkan rumah

0 comments:

Post a Comment