6 Cara Menghemat Listrik Dirumah Dan Manfaatnya

https://pixabay.com/en/piggy-bank-coin-pink-piggy-bank-1056615/
Cara cara untuk menghemat listrik dirumah oleh bacaan onlinemu, menghemat listrik adalah hal yang seharusnya kita lakukan. Kenapa demikian ? Karena dengan menghemat pemakaian listrik dirumah kita, kita sudah ikut mensukseskan gerakan hemat energi. Kita tahu bahwa energi terbagi menjadi dua, yaitu energi yang terbarukan dan energi yang tidak terbarukan, Dengan menghemat energi yang tak terbarukan, ini akan memperpanjang masa produksi energi tersebut, dengan menghemat listrik di rumah kita, maka penggunaan energi yang tak terbarukan seperti minyak bumi juga ikut terselamatkan. Karena untuk memproduksi listrik, maka kita masih membutuhkan energi dari turunan minyak bumi. 

Selain kita ikut mensukseskan hemat energi, maka manfaat lain dari menghemat listrik di rumah kita adalah kita bisa menghemat pengeluaran uang kita, lumayan bisa buat tambahan beli pulsa listrik hehehe.. Baiklah langsung saja tentang cara cara yang bisa di gunakan untuk menghemat listrik di rumah adalah :

1. Jangan terlalu sering membuka tutup kulkas, minimalkan sebisa kita bisa, dan jika kita menutup lemari es, tutuplah dengan rapat agar konsumsi listrik pada kulkas kita bisa kita hemat.

2. Sesuaikan ukuran daya pada AC yang kita gunakan di rumah kita, maksudnya agar AC kita hemat listrik, maka kita perlu mempertimbangkan daya AC dan ruangan yang akan di gunakan, usahakan jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Terlalu kecil daya yang di gunakan akan membuat AC menjadi boros pemakain listriknya, jika terlalu besar juga kita akan kemahalan dalam mebeli ACnya, jadi silahkan bertanya pada tokonya kalau mau membeli AC untuk ruangan anda.

3. Menggunakan tandon air, ini akan membantu penghematan listrik yang dikonsumsi oleh pompa air kita, tandon air di gunakan untuk menampung air, dan seterusnya akan dialirkan sesuai kebutuhan, ini akan lebih hemat jika dibandingkan kita menyalakan pompa air dan mematikan ketika membutuhkan air.

4. Mendesain rumah yang hemat energi, misalnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan di rumah, sehingga ketika siang hari kita tidak perlu menyalakan lampu karena cahaya yang di butuhkan sudah terback up oleh cahaya matahari. Sehingga dengan cara ini kita bisa menghemat listrik di rumah kita.

5. Mematikan lampu yang tidak digunakan saat alam hari, alih alih membiarkan lampu menyala semua, ketika kita tidur, kita bisa memadamkan lampu yang tidak di butuhkan dan menggantinya dengan lampu tidur, dengan cara ini kita bisa menghemat listrik rumah kita.

6. Menggunakan lampu hemat energi, dengan mengganti lampu rumah dengan lampu hemat energi, ini bisa membantu kita menghemat listrik di rumah kita.

Itu tadi 6 cara menghemat listrik di rumah kita, dengan menghemat listrik kita bisa mendapatkan manfaat yaitu kita menghemat keuangan kita, kita bisa menggunakan selisih uang dari perilaku penghematan listrik di rumah kita untuk keperluan yang lainnya bukan ?? Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment